Cara Mengatasi GCam Force Close Walaupun Camera2API Sudah Aktif, 100% SUKSES!

Cara Mengatasi GCam Force Close Walaupun Camera2API Sudah Aktif, 100% SUKSES!

Cara Mengatasi GCam Force Close Walaupun Camera2API Sudah Aktif 100% SUKSES! tomsheru.com

Mungkin dari pembaca sekalian sudah banyak yang mengetahui Cara Setting GCam untuk Arnova8G2, BSG, san1ty, Parrot043, Tolyan009, cstark, atau modder lainnya dan paham betul tentang Cara Enable Camera2API Tanpa Root untuk semua versi android, tetapi bagaimana jika GCam Force Close walaupun Camera2API sudah aktif? Berikut admin akan berikan tips cara fix GCam yang force close meskipun Camera2API sudah aktif untuk android Xiaomi, Oppo, Realme, Asus, Vivo, dan semua merk android yang support GCam.

Gcam telah berhenti atau gagal membuka kamera merupakan suatu kendala yang dialami oleh beberapa pengguna android saat menjalankan aplikasi kamera GCam, ini bisa disebabkan karena ketidakcocokan antara versi GCam dengan tipe hp, meskipun Camera2API sudah aktif sekalipun tidak akan membuat masalah ini terselesaikan.

Sangat disayangkan jika hp android kamu belum instal aplikasi kamera GCam, karena aplikasi tersebut dapat merubah foto kamu yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa hanya dengan sekali jepret, apalagi jika kamu poles lagi menggunakan aplikasi edit foto di android misalnya Adobe Lightroom tentu hasilnya akan seperti jepretan dari kamera DSLR.


Cara Fix Aplikasi Kamera GCam yang Force Close atau Tidak Bisa Dibuka


Jika kamu sudah mengaktifkan Camera2API tetapi GCam masih force close atau kamera telah berhenti maka kamu bisa mencoba tips Cara Mengatasi GCam Tidak Bisa Dibuka berikut ini.

Sebelumnya kamu download bahan untuk fix GCam DISINI, lalu extract seperti biasa file zip nya. Perlu diingat, tutorial ini mengharuskan kamu punya akses ROOT terlebih dahulu ya agar proses fix gcam nya berjalan dengan lancar.

Tentu saja kamu juga harus memastikan bahwa Camera2API di hp android sudah aktif, caranya silahkan download aplikasi Manual Camera Compatibility di Playstore, pastikan Manual Focus, Manual White Balance, Manual ISO, Manual Shutter Speed, RAW Support semuanya berwarna hijau maka kamu bisa melanjutkan tutorial ini.

Download aplikasi Root Explorer dan extract file gcamfix.zip tadi yang sudah kamu download dan buka foldernya, didalam folder gcamfix kamu akan menemukan 3 folder yaitu lib, lib64 dan vendor.

Silahkan kamu copy file yang ada didalam folder "lib" kemudian paste kan file tersebut ke /system/lib lalu ubah permission dari file yang sudah dipindahkan tersebut menjadi r-w-r-r dengan cara pilih file yang barusan dipindahkan lalu pilih pengaturan dan pilih permission dan pilih view mode (lihat gambar dibawah).

Cara Mengatasi GCam Force Close Walaupun Camera2API Sudah Aktif 100% SUKSES! tomsheru.com
 
Jika terdapat peringatan "The current file system is read-only, Do you want to remount as read-write and continue the operation?" maka kamu pilih saja yes untuk melanjutkan, dan jika kamu kesusahan mencari file yang akan diubah permission nya maka kamu bisa men-sort nya berdasarkan "date" dan file nya berada di bagian paling bawah biasanya.

Kemudian copy juga file yang ada didalam folder "lib64" kemudian paste kan file tersebut ke /system/lib64 lalu ubah permission dari file yang sudah dipindahkan tersebut menjadi r-w-r-r (lihat gambar dibawah).

Cara Mengatasi GCam Force Close Walaupun Camera2API Sudah Aktif 100% SUKSES! tomsheru.com

Terakhir kamu buka folder "vendor" dan didalamnya akan terdapat folder lagi yaitu lib dan lib64, silahkan pindahkan isi dari folder lib ke /system/vendor/lib dan lib64 ke /system/vendor/lib64 (lihat gambar dibawah), caranya kurang lebih seperti diatas dan jangan lupa ubah juga permission nya ke r-w-r-r.

Cara Mengatasi GCam Force Close Walaupun Camera2API Sudah Aktif 100% SUKSES! tomsheru.com
Cara Mengatasi GCam Force Close Walaupun Camera2API Sudah Aktif 100% SUKSES! tomsheru.com

Setelah semua proses kamu lakukan dengan benar sesuai tutorial diatas, maka silahkan restart hp kamu dan cobalah buka kembali aplikasi GCam yang force close tadi, dijamin lancar!

Jika kamu berhasil mengatasi GCam yang force close dengan tutorial kali ini, maka jangan sungkan untuk berbagi ke sesama pengguna GCam juga ya, terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel