Tips Cara Mengatasi Error Saat Instal TWRP Recovery Mode Fastboot

Tips Cara Mengatasi Error Saat Instal TWRP Recovery Mode Fastboot

Tips Cara Mengatasi Error Saat Instal TWRP Recovery Mode Fastboot tomsheru.com

Memasang atau instal TWRP Recovery merupakan sebuah impian bagi beberapa pengguna smartphone, terutama untuk mereka yang suka memodifikasi sistem android, tetapi bagaimana jika muncul pesan Error Saat Instal TWRP Recovery? Lalu bagaimana Cara Mengatasi Gagal Instal TWRP? tomsherU akan membahasnya semua disini.

Mengapa android harus terpasang TWRP Recovery? Apa tujuan pengguna android memasang TWRP? Sebenarnya tergantung dari kebutuhan masing-masing si pemilik android tersebut. Fungsi utama memasang TWRP antara lain yaitu untuk instal Root, instal Cusrom, instal file untuk fix sistem tertentu yang rusak, dan masih banyak lagi kegunaannya, tetapi untuk kamu yang tidak terlalu mengetahui fungsi dari TWRP maka disarankan tidak perlu menginstalnya.

Jika kamu mengalami masalah atau error saat flash file recovery di mode fastboot, maka tidak ada salahnya mencoba tips dibawah ini. Langsung saja kita simak beberapa permasalahan saat instal twrp dan beserta solusinya.


Kumpulan Pesan Error Saat Instal TWRP Beserta Solusinya


1. Cara Mengatasi Error "Cannot load file recovery.img atau twrp.img".

Permasalahan yang biasa terjadi yaitu "Cannot load file recovery.img atau twrp.img", ini disebabkan karena kemungkinan kamu salah meletakan file recovery yang akan diinstal atau bisa juga disebabkan karena perbedaan nama file recovery dengan nama yang kamu ketik di CMD.

Solusinya yaitu pindahkan file twrp recovery yang akan di flash kedalam folder dimana kamu membuka command prompt / CMD, contoh saja admin menggunakan minimal adb untuk membuka CMD jadi letakan file recovery twrp kalian kedalam C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot dan cobalah kembali instal twrp tersebut.

Solusi yang kedua yaitu ubah nama file recovery twrp kamu dengan nama yang mudah diingat dan jangan lupa pastikan file tersebut berformat Disc Image File (.img), serta saat akan instal pastikan kamu mengetik nama recovery twrp kamu dengan lengkap, misal "fastboot flash recovery pocotwrp3232.img" (lihat gambar dibawah) lalu tekan enter.

Tips Cara Mengatasi Error Saat Instal TWRP Recovery Mode Fastboot tomsheru.com
 (jika tipe file sudah disc image file, maka nama file recovery tidak perlu diberi extensi .img)


2. Cara Mengatasi Error "Waiting for device".

Permasalahan yang kedua sebenarnya cukup simpel, ini dikarenakan adanya kemungkinan android kamu belum memasuki mode fastboot, perangkat belum terhubung dengan laptop atau komputer, atau belum mengaktifkan usb debugging.

Solusinya yaitu pastikan android kamu sudah memasuki mode fastboot dengan cara mematikan terlebih dahulu dan tekan tombol power + volume atas secara bersamaan (beberapa perangkat mungkin berbeda). Periksa juga kabel data agar android dan laptop kamu dapat terhubung dengan baik, serta aktifkan juga usb debugging pada menu developer options.

Tips Cara Mengatasi Error Saat Instal TWRP Recovery Mode Fastboot tomsheru.com


3. Cara Mengatasi Error 'fastboot.exe' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file.

Sampai disini kamu masih mengalami masalah lain? Tenang, admin masih mempunyai solusi yang lainnya. Jika kamu menjumpai permasalahan fastboot.exe is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file itu artinya laptop atau komputer kamu belum terinstal ADB Fastboot and Driver.

Solusi mudahnya yaitu download dan instal Minimal ADB and Fastboot Tool, kamu bisa download DISINI. Silahkan kamu pilih versi yang terbaru dan instal, dijamin permasalahan kamu akan selesai.

Tips Cara Mengatasi Error Saat Instal TWRP Recovery Mode Fastboot tomsheru.com


4.Cara Mengatasi Error FAILED (remote: dtb not found) Saat Instal TWRP

Jika kamu mengalami masalah error failed remote dtb not found saat proses flashing twrp di cmd, itu tandanya file twrp yang kamu flash tidak cocok dengan versi hp kamu. Solusinya yaitu carilah file image recovery twrp yang cocok dengan versi smartphonemu, atau kamu bisa bertanya di forum atau grup di media sosial.

Tips Cara Mengatasi Error Saat Instal TWRP Recovery Mode Fastboot tomsheru.com


5. Cara Mengatasi Error Reported Max Download Size Saat Instal TWRP

Beberapa orang juga kadang mengalami permasalahan saat menginstal twrp seperti error reported max download size, ini disebabkan karena ukuran file twrp yang diinstal terlalu besar, biasanya penyebabnya karena file twrp yang di flash tidak sesuai dengan tipe atau versi android.

Contoh kasus HP android dengan OS Lolipop akan di flash TWRP untuk OS Nougat, atau contoh kasus lain yaitu TWRP untuk Redmi Note 3 Pro (Snapdragon) dipasang ke Redmi Note 3 (Mediatek) begitu juga sebaliknya, dan masih banyak contoh lainnya.

Solusinya yaitu silahkan cari file image TWRP yang memang benar-benar sesuai untuk tipe dan versi android yang kamu miliki.

Tips Cara Mengatasi Error Saat Instal TWRP Recovery Mode Fastboot tomsheru.com


6. Cara Mengatasi FAILED (remote: partition flashing is not allowed) Saat Flash TWRP

Kemungkinan permasalahan saat menginstal TWRP yang terakhir yaitu FAILED remote: partition flashing is not allowed, dan ini sering terjadi pada smartphone android yang masih baru karena masih belum UBL atau Unlock Bootloader. Maka solusi untuk mengatasi masalah seperti ini yaitu dengan cara unlock bootloader terlebih dahulu android kamu secara official maupun dengan cara lain agar proses flashing TWRP tidak ada kendala.

Tips Cara Mengatasi Error Saat Instal TWRP Recovery Mode Fastboot tomsheru.com


Bagaimana, sampai disini apakah permasalahan kamu sudah teratasi? Admin harap kamu semua bisa mengatasi masalah error saat menginstal twrp di cmd dengan bantuan tutorial ini ya, dan jangan lupa share ke teman atau keluarga kamu yang saat ini juga mengalami permasalahan seputar flashing TWRP, terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel