Tips Cara Cek HP Smartphone Resmi atau BM (Black Market)

Tips Cara Cek HP Smartphone Resmi atau BM (Black Market)

Tips Cara Cek HP Smartphone Resmi atau BM (Black Market) tomsheru.com

Jika kamu saat ini sedang ingin membeli hp baru diharapkan untuk lebih teliti karena saat ini pemerintah akan menerapkan kebijakan IMEI yang dapat memblokir hp atau smartphone ilegal alias Black Market (BM) sehingga ponsel tersebut tidak dapat digunakan untuk mengakses internet dan tidak bisa pakai SIM Card.

KEMENKOMINFO (Kementerian Komunikasi dan Informatika) bersama dengan KEMENPERIN (Kementerian Perindustrian) dan KEMENDAG (Kementerian Perdagangan) akan menerapkan kebijakan IMEI (International Mobile Equipment Identity) pada tanggal 17 Agustus guna menekan peredaran hp blackmarket serta mengurangi jumlah pembeli yang tertipu oleh barang BM di Indonesia.

Lalu bagaimana Cara Membedakan Ponsel Asli dan Black Market (BM)? Berikut tomsherU akan memberikan sedikit tips agar kamu tidak tertipu membeli smartphone blackmarket seperti merk Samsung, iPhone, Xiaomi dan masih banyak lagi.


1. Beli HP di Gerai Resmi

Tips paling mudah yang pertama agar kamu tidak tertipu membeli hp ilegal yaitu belilah di gerai resmi dan terpercaya dikota kamu berada seperti Telesindoshop, Erafone atau Oke Shop, dan jangan coba-coba membeli hp dari online shop kecuali jika kamu sudah kenal atau tahu kualitas dari penjual tersebut.

2. Cek IMEI

Jika kamu sudah terlanjur membeli hp dan penasaran dengan hp tersebut, kamu bisa mengeceknya melalui nomor IMEI yang ada di smartphone dan kardus. Untuk cek IMEI melalui hp kamu bisa menekan tombol *#06# melalui menu telepon dan secara otomatis IMEI akan muncul.

Silahkan mengunjungi situs KEMENPERIN, dan masukan nomor IMEI ponsel kamu, lihat gambar untuk keterangan lebih jelasnya.

Tips Cara Cek HP Smartphone Resmi atau BM (Black Market) tomsheru.com
Keterangan gambar diatas menunjukan bahwa hp kamu resmi atau terdaftar.

Tips Cara Cek HP Smartphone Resmi atau BM (Black Market) tomsheru.com
Keterangan gambar diatas menunjukan bahwa hp kamu kemungkinan ilegal atau black market.


3. Periksa Kardus HP

Cara yang ketiga yaitu dengan meneliti kardus dari hp tersebut, mulai dari stiker IMEI, Serial Number, serta keterangan lainnya. Jika di belakang kardus hp terdapat tulisan "dibuat di Indonesia" atau "diproduksi di Indonesia" atau "dirakit di Indonesia" maka bisa dipastikan bahwa hp tersebut asli atau resmi.


Itulah tadi sedikit tips untuk kamu yang sedang ingin membeli hp baru atau penasaran dengan hp yang sedang kamu pakai tersebut asli atau hp black market. Apakah kamu sudah cek IMEI? Admin harap semua pembaca disini menggunakan hp resmi ya, agar tidak terkena pemblokiran. Sekian dan terima kasih, have a nice day.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel