9 Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Sentuh Smartphone

9 Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Sentuh Smartphone

9 Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Sentuh Smartphone tomsheru

Layar sentuh smartphone bergerak sendiri atau touchscreen beroperasi tanpa kita sentuh, inilah yang disebut dengan Ghost Touch. Permasalahan ini sering terjadi pada smartphone kita, entah itu Android, Windows Phone, iOS mulai dari smartphone kelas bawah hingga yang paling mahal sekalipun dapat terkena penyakti ghost touch tersebut.

Ghost Touch juga sering terjadi pada smartphone merk Samsung, Xiaomi, iPhone, Asus, Oppo, dan masih banyak lagi. Jadi dapat disimpulkan bahwa penyakit ghost touch tidak hanya menyerang smartphone murah saja, tetapi juga dapat terjadi pada smartphone mahal sekalipun.

Apa itu Ghost Touch? Ghost Touch merupakan masalah umum yang biasanya terjadi pada layar sentuh smartphone, jadi seakan-akan layar sentuh bergerak sendiri tanpa kita sentuh terlebih dahulu. Faktor penyebab ghost touch sangat beragam, mulai dari kualitas smartphone tersebut hingga kesalahan si pengguna ponsel cerdas tersebut.

9 Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Sentuh Smartphone tomsheru

Apa Penyebab Ghost Touch? Sebenarnya penyebab masalah layar sentuh bergerak sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, contoh kasus yang paling sering yaitu charger. Banyak pengguna smartphone tidak menggunakan charger ori mereka dan asal menggunakan sembarang charger entah itu pinjam teman atau membeli charger murahan.

Mengisi daya dengan charger yang bukan ori bawaan smartphone akan menyebabkan ghost touch, karena tegangan yang dihasilkan dari charger tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan daya dari smartphone dan jika ini diteruskan, tentu saja lama kelamaan akan merusak komponen didalam smartphone tersebut.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Sentuh Smartphone Android, Windows Phone dan iOS, sebelumnya jangan lupa share ke teman atau kerabat kalian yang sedang mengalami masalah ghost touch pada smartphone mereka.


Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri (Ghost Touch)


1. Charger Tidak Sesuai

Seperti yang sudah admin jelaskan tadi diatas, jika kalian mengisi daya hp dengan charger asal-asalan akan membuat smartphone kalian mengalami masalah ghost touch. Arus listrik yang dihasilkan dari masing-masing charger berbeda, tergantung kebutuhan dari smartphone. Untuk itu gunakanlah charger ori dari hp tersebut agar layar hp tidak mengalami ghost touch dan komponen smartphone kalian tetap aman.

2. Charger Rusak

Charger rusak juga merupakan salah satu penyebab ghost touch, sehingga saat mengisi daya akan terjadi pergerakan pada layar kalian walaupun tidak disentuh, seperti ada hantu yang sedang memainkan smartphone kalian. Silahkan cek kondisi charger kalian, jika perlu pinjamlah charger dari teman yang memiliki tipe smartphone yang sama seperti milik kalian, dan jika normal itu tandanya kalian harus membeli charger yang baru.

3. Layar Sentuh Rusak

Ciri-ciri layar sentuh yang (akan) rusak yaitu layar sentuh bergerak sendiri tanpa kalian operasikan. Cek layar kalian apakah ada yang retak, atau pernah terbentur benda yang keras sehingga mengakibatkan touchscreen error atau ghost touch. Gunakan Tempered Glass yang berkualitas agar layar sentuh kalian terlindungi dari benda-benda yang dapat merusak layar sentuh tersebut, dan jika sudah rusak atau retak maka sebaiknya kalian bawa ke service center untuk meminta garansi.

4. Pelindung Layar Kotor

Smartphone kalian menggunakan pelindung layar atau biasa disebut tempered glass? Jika iya, maka cek juga kebersihan dari pelindung layar tersebut. Pastikan tidak ada minyak, air atau beda lainnya yang dapat menggangu kinerja dari touchscreen tersebut.

5. Smartphone Bekerja Terlalu Keras

Ghost touch juga dapat terjadi karena smartphone bekerja terlalu keras diluar kemampuannya. Jika kalian memiliki smartphone dengan spesifikasi yang minim maka pergunakanlah dengan sewajarnya saja dan jangan terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan. Hapus aplikasi yang jarang atau tidak pernah kalian gunakan, karena ini akan membebani smartphone.

Masing-masing smartphone mempunyai batasan kemampuan sesuai spesifikasinya, jika kalian paksakan maka ghost touch pun kemungkinan akan terjadi.

6. Masalah Pada Baterai Smartphone

Beberapa tipe smartphone akan mengalami ghost touch pada saat akan kehabisan baterai, jadi segera isi daya hp kalian sebelum kehabisan baterai. Cek juga kesehatan baterai kalian, karena baterai yang rusak juga dapat memunculkan penyakit ghost touch, jika perlu belilah baterai yang baru.

7. Touchscreen Overheat

Lagi-lagi untuk beberapa tipe smartphone akan mengalami ghost touch saat layar smartphone mereka terlalu panas. Saat sedang memainkan game berat tentu saja seluruh komponen yang ada dalam smartphone tersebut lama kelamaan akan menjadi panas termasuk layar sentuh, dan inilah yang menyebabkan ghost touch alias layar sentuh bergerak sendiri.

Jika layar kalian kembali normal setelah suhu smartphone tidak panas, itu tandanya smartphone kalian tidak mampu untuk bertahan dalam keadaan suhu yang tinggi. Jadi jangan paksakan smartphone kalian untuk melakukan sesuatu diluar kemampuannya seperti bermain game dengan grafik yang luar biasa.

8. Kalibrasi Ulang Layar Sentuh Smartphone

Cobalah untuk meng-kalibrasikan ulang layar sentuh kalian dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di Playstore atau App Store. Dengan aplikasi ini, layar sentuh kalian akan di setting ulang agar permasalahan ghost touch dapat teratasi dan diharapkan layar sentuh kalian menjadi normal kembali.

9. Factory Reset

Solusi yang cukup ampuh untuk mengatasi ghost touch yaitu dengan factory reset atau kembali ke setelan pabrik. Sebagai contoh smartphone tipe Xiaomi, kalian bisa melakukan factory reset dengan masuk ke Settings - Additional Settings - Backup and Reset. Perlu diingat, langkah ini akan menghapus semua data yang ada di hp kalian, jadi pindahkan terlebih dahulu data-data penting sebelum melakukan factory reset.


Itulah tadi pembahasan tentang 9 Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Sentuh Smartphone. Jika ghost touch masih muncul di smartphone kalian, maka ada baiknya kalian bawa ke service center untuk meminta garansi atau jika sudah tidak ada garansi kalian bisa pergi ke tukang service smartphone yang terpercaya dikota kalian, semoga dapat membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel