Cara Ampuh Agar Android Yang Lemot Menjadi Ngebut Tanpa Root

Cara Ampuh Agar Android Yang Lemot Menjadi Ngebut Tanpa Root

Cara Ampuh Agar Android Yang Lemot Menjadi Ngebut Tanpa Root

Smartphone kamu mendadak lemot atau lelet? Banyak faktor yang menyebabkan android menjadi lambat, bisa jadi karena umur android tersebut memang sudah sangat lama otomatis hardware didalamnya pun sudah pasti menurun kinerjanya dibandingkan awal pertama beli. Tetapi bagaimanakah jika android yang kamu miliki masih baru dan ternyata loadingnya lama?

Faktor utama dari android lemot adalah Hardware didalamnya seperti RAM (LPDDR, LPDDR2, LPDDR3, LPDDR4), CHIPSET (Snapdragon, MediaTek, Intel, Nvidia Tegra, Exynos, dll), GPU (Adreno, Tegra, PowerVR, Mali, VideoCore Broadcom, dll) dan masih banyak faktor yang lainnya.

Tetapi tidak menutup kemungkinan kamu masih bisa berusaha agar android kamu tidak lemot dengan tips dan trik yang Tomsher kali ini akan bagikan buat kamu semua.

Cara Ampuh Agar Android Yang Lemot Menjadi Ngebut Tanpa Root


Tips Dan Trik Agar Android Spesifikasi Minimum Tidak Lemot

 

Matikan Live Wallpaper Dan Widget

Mengaktifkan Live Wallpaper dan memasang Widget Android memang membuat tampilan android kamu makin kece dan gak boring, tapi disisi lain RAM android kamu sudah termakan oleh Live Wallpaper ini, sehingga sisa RAM yang android kamu miliki makin sedikit alhasil kinerja dari aplikasi lain pun akan terasa lemot karena sedikitnya sisa ruang RAM.

Kalian perlu berkorban dengan mematikan Live Wallpaper menjadi gambar warna hitam atau warna gelap dan mencopot beberapa Widget yang tidak penting  agar RAM kamu kembali lega dan aplikasipun dapat berjalan dengan lancar. (Tips ini tidak perlu kamu terapkan jika RAM android kamu diatas 4GB).


Menonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Semakin banyaknya aplikasi terinstal, maka tidak saja internal memori kamu yang habis tetapi RAM androidmu pun juga ikut habis karena beberapa aplikasi perlu berjalan secara otomatis tanpa kamu buka untuk melakukan sinkronisasi dll. Oleh karena itu NONAKTIFKAN atau HAPUS (jika bisa) aplikasi yang kamu rasa jarang atau sama sekali tidak pernah terpakai.

Admin ingatkan "JANGAN" menonaktifkan aplikasi selain yang muncul diberanda android kamu jika tidak ingin ada kesalahan sistem. Aplikasi yang muncul diberanda artinya kamu bisa gunakan atau tidak, dan aplikasi yang tidak muncul diberanda artinya itu aplikasi sistem yang berfungsi tertentu sesuai kegunaan masing-masing.

Banyak aplikasi yang mungkin kamu tidak pernah gunakan seperti Google Plus dan lain2. Kamu bisa mencoba menonaktifkan aplikasi tersebut melalui Pengaturan >> Manajer Aplikasi dan silahkan ketik aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan. Kamu juga bisa menghapus aplikasi lain dengan cara melihat2 diberanda android kamu, pilihlah aplikasi mana yang ingin kamu nonaktifkan dan masuk ke pengaturan seperti tadi untuk menonaktifkannya.



Mematikan Fitur Animasi Android

Fitur animasi memang dibuat untuk kenyamanan pengguna android, seperti transisi, animasi saat keluar masuk aplikasi dan lain2. Tetapi beberapa perangkat android justru akan kewalahan dengan fitur ini karena minimnya spesifikasi dari android tersebut, oleh karena itu kamu jika memiliki android dengan spesifikasi minimum perlu melakukan tips ini.

Admin ingatkan untuk tips kali ini, "JANGAN" merubah apapun selain menu yang admin akan jelaskan nanti. Silahkan masuk ke Pengaturan >> Tentang Ponsel Lalu ketuk 7X pada tulisan Build Number / Nomor Bentukan (untuk Xiaomi ketuk pada Miui Version) sampai muncul tulisan "Sekarang Kamu Adalah Developer".

Jika sudah, silahkan cari menu "Developers Option / Pengaturan Developer", biasanya masih didalam setting tersebut, beberapa perangkat ada yang muncul di pengaturan lanjutan, ada yang muncul di tentang ponsel tersebut, kalian cari sendiri dimana letak menu tersebut.

Jika kamu sudah menemukan menu tersebut, didalamnya akan terdapat banyak sekali pengaturan. Jangan merubah apapun jika kamu tidak paham dengan kegunaannya, jadi langsung saja menuju menu yang akan admin jelaskan nanti.

Centang terlebih dahulu pengaturan Developer Option / Pengaturan Developer, lalu scroll kebawah hingga kalian menemukan pengaturan Windows Animation Scale, Transition Animation Scale, Animator Duration Scale lalu nonaktifkan ke 3 pengaturan tersebut dan coba bandingkan hasilnya.


Bagaimana setelah kalian menerapkan 3 tips dan trik dari admin, apakah ada perubahan? Sesuai pengalaman admin, seharusnya android yang kalian miliki akan semakin ngebut dibanding sebelumnya. Silahkan berkomentar dibawah apa yang kalian alami setelah menerapkan tips dan trik dari admin, dan jangan lupa share ke teman kamu jika artikel ini berhasil, Terima kasih ;)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel